Parameter Sukses??


rahasia sukses Apakah sukses itu?  Tiap orang pasti punya parameter yang berbeda. Ada yang menilai sukses berdasar kekayaan yang dimiliki. Ada yang menilai sukses adalah prestasi tertentu. Bagaimanakah parameter sukses??

Masing-masing diri kita pasti memiliki cita-cita yang sama. Kita ingin menjadi orang yang sukses!
Tapi kita memiliki penafsiran yang berbeda-beda tentang sukses. Mulai dari definisi sukses, parameter kesuksesan hingga cara untuk mencapai kesuksesan itu. Umumnya kita menjadikan hasil yang didapatkan sebagai parameter sukses. Kalau kaya baru dikatakan sukses. Kalau berprestasi, bisa sekolah ke luar negeri baru dikatakan sukses. Kalau bisa haji, baru dikatakan sukses. Pada taraf mahasiswa, kalau ber-IPK baik baru dikatakan sukses.

Apakah benar bahwa hasil yang kita dapat adalah parameter kesuksesan kita??
Coba kita simak ayat berikut ini..

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usahanya kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (An-Najm 39-41)

Dari ayat ini, Allah menunjukkan parameter sukses yang sejati. Allah tidak melihat hasil yang didapatkan manusia, namun yang dinilai oleh Allah adalah usaha kita. Usaha kita yang akan menghantarkan kita pada balasan yang sempurna….

Di hari akhir nanti kita tidak akan ditanya, nilaimu berapa? IPKmu berapa? Gajimu berapa? Kekayaanmu berapa banyak?? Bisa sekolah ke luar negeri atau tidak??

Namun yang akan diminta pertanggung jawaban adalah bagaimana usaha kita untuk mencapai hal tersebut??

Misal dalam memperoleh nilai yang baik, apakah diraih dengan belajar sungguh-sungguh atau mencontek?

Uang yang diperoleh adalah uang hasil kerja dengan jalan yang halal atau haram?

Sungguh, yang dinilai oleh Allah adalah usaha kita, bukan hasil yang kita dapatkan. Walaupun manusia seringkali menilai dari hasil yang didapatkan sebagai parameter kesuksesan,

Ketika seseorang memiliki parameter kesuksesan berdasar hasil yang didapat, bisa menyebabkan:

– Gampang berputus asa/kecewa

Allah Maha Tahu dan Maha Adil, Allah menghargai tiap jerih payah/usaha kita, walau sebesar zarrah! Jika kita merasa sudah berusaha semaksimal mungkin tapi hasilnya tidak sesuai harapan, misalnya kok nilai kita jelek, atau penghasilan kita kok tidak bertambah, jabatan tidak naik-naik, ketika kita paham rizki itu dari Allah, dan yang dinilai adalah usaha kita, insya Allah kita terhindar dari putus asa, terus belajar dan bekerja keras, karena yang kita cari bukan semata-mata penilaian manusia, tapi yang terpenting adalah penilaian dari Allah SWT..

– Menghalalkan segala cara

Semoga kita bisa mengubah parameter sukses kita, yang terpenting bagi kita adalah usaha maksimal di jalan yang diridhoiNya, bukan hanya mementingkan hasil yang didapatkan!

Orang yang sukses adalah orang yang dengan sungguh-sungguh berusaha di jalan diridhoiNya, apapun hasil yang didapatkannya itu bukanlah parameter kesuksesan di mata Allah..

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap” (Alam Nasyrah: 7 – 8).

Allah menghendaki agar semua waktu kita produktif, tidak ada yang tersia-siakan. Bersambung antara satu kegiatan dengan kegiatan berikutnya, antara satu usaha dengan usaha berikutnya. Jangan membiarkan diri manja dan cengeng dengan meratapi kondisi yang tidak sesuai harapan, sampai menghabiskan waktu hanya untuk menangisi nasib yang belum berpihak kepada dirinya. Tidak mengenal usia, semua waktu harus bermanfaat dan teroptimalkan untuk membuat karya. Namun di semua usaha kita, ujungnya adalah harapan besar kepada Tuhan.

Inilah jalan sukses itu. Kesungguhan, kegigihan, dan keseriusan dalam perjuangan untuk melakukan aktivitas terbaik pada setiap waktu yang kita lewati. Tidak mudah mengeluh, tidak mudah kecewa, tidak berputus asa dari kebaikan!!

Salam sukses!

Posted on June 15, 2011, in Aqidah, ISLAM and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: